Senin, 26 Oktober 2015

Lancar Berbicara Didepan Umum

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Berbicara Di Depan Umum
Gimana sih biar ga grogi saat bicara di depan orang banyak?
Gimana sih saat tampil di depan umum apa yang kita katakan lancar, tidak terbata-bata?



Oke, pasti kalian semua pernah dan mungkin sampai sekarang ngalamin hal-hal yang seperti itu saat kalian akan tampil di depan orang banyak, ada rasa grogi lah keringet dingin lah dan sebagainya. Well, aku pun seperti itu ketika mau persentasi mata kuliah pun masih aja selalu ada perasaan grogi seperti itu, tangan-kaki gemeter, ahhhh ngeri kalo diceritain.

Buat kalian semua yang masih grogi, deg-degan dan sebagainya, ada beberapa tips-trik agar kalian lebih tenang saat berbicara di depan umum. 

Yuk kita bahasssss.
Oke yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki mental. Sikap mental adalah hal yang berpengaruh, soalnya percaya diri bukan lebih banyak ditentukan oleh fisik. Bagaimana kamu memandang diri kamu sendiri itu sangat berpengaruh pada kepercayaan diri kamu.
Kepercayaan diri yang sebenernya tergantung pada mindset kamu sendiri, mindeset yang harus kamu pahami adalah saat kamu bicara didepan umum, kamu harus merasa bahwa semua orang yang sedang menatapmu itu adalah sama, mereka tidak lebih tinggi darimu, kamu punya potensi yang sama, hak yang sama. Dengan berpikir kaya gitu, kamu pasti merasa lebih nyaman.

Lanjut yang kedua,  kamu harus spontan maksudnya disini adalah kamu jangan menghapal isi pembicaraan. Kalo menghapal, nanti gaya bicara kita akan keliatan kaku apalagi kalo kita lupa satu kata dalam speech langsung deh kita kelabakan dan pembicaraan kita jadi kacau. Jangan sampe terjadiiii :O

Selain kamu harus spontan, saat kamu bicara didepan banyak orang kamu harus menyisipkan   lah sedikit humor. karena menurut Anthony Robbins beliau merupakan salah satu motivator dunia, "humor adalah pelumas yang bisa membantu penyampaian informasi menjadi lebih lembut". Nah mangkanya setidaknya kamu humor sedikitlah tapi yang asyik juga bikin humor nya gak garing yaaa.

Oke skip, masih banyak yang harus kalian pahami selain dari tiga cara tadi, kalian harus bisa memanage waktu saat berbicara di depan umum, penguasaan materi yang akan kamu sampaikan, tapi intinya ketika kamu ingin tampil lancar saat berbicara di depan umum adalah yakinkan dalam diri kamu bahwa kamu bisa, kamu ga grogi, bangun kredibilitas yang kamu punya. 
Kalo kata kaka senior aku mah dibawa Heve fun aja guys! 

0 komentar:

Posting Komentar